Jumat, 05 Oktober 2007

Peletakan Batu Pertama Renovasi SMAN 1 Ciamis

SMAN 1 CIAMIS, road to Global Oriented Absolute Leading School
Di pagi yang cerah, Senin, 9 April 2007, merupakan hari yang sangat bersejarah dan monumental bagi warga Smansacis, di hari itu orang Nomor 1 Ciamis, Bapak Drs. H. Engkon Komara, M.Si, berkenan memenuhi undangan Kepala SMA Negeri 1 Ciamis, Drs. Asep Ganda Sadikin, dalam rangka Peletakan Batu Pertama renovasi gedung SMA Negeri 1 Ciamis. Bupati yang hadir beserta Wakil Ketua DPRD Kab. Ciamis, Bapak R. Dida Yudanegara, SH., Asda II, Bapak Drs. Akasah, MBA., beserta undangan lainnya baik dari instansi sipil maupun Polri dan TNI, juga perwakilan dari Dinas Pendidikan Kab. Ciamis.
Dalam sambutannya yang santai, penuh humor segar dan akrab, dihadapan ribuan siswa, staff guru dan Tata Usaha SMA Negeri 1 Ciamis. Bapak Bupati sempat bernostalgia bahwa beliau itu sejatinya lulusan SMA Negeri 1 Ciamis yang saat itu baru dikenal sebagai SMA Negeri Ciamis yang terletak di Bojonghuni, Ciamis, namun karena kurangnya ruangan kelas, beberapa siswa termasuk diantaranya Bapak Engkon Komara “muda” terpaksa pindah ke SMA Negeri Banjar yang menjadi kelas jauh SMA Negeri Ciamis yang bertempat di Banjar hingga selesai, pada waktu itu Kepala Sekolahnya Bapak Drs. Daman Saputra. “Waktu itu, saya sering mengangkut pasir dan batu, kebanyakan bekerjanya daripada belajarnya,” kenangnya. Selain itu, beliau berpesan, “belajarlah dengan tekun, sekarang semua fasilitas sudah ada, jaman dulu mah boro-boro ada computer, kuasailah keterampilan computer dan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris,” imbuh ayah berputra dua yang keturunan asli Panjalu ini.
Rencana renovasi total gedung SMA Negeri 1 Ciamis yang seluruh biayanya merupakan bantuan pemerintah pusat menelan biaya 2,5 milyar lebih, yang sekarang pembangunannya sedang dimulai dan direncanakan selesai tahun 2010 ini nantinya seluruhnya akan berlantai dua dengan semua fasilitas ruang belajar, ruang kesenian, laboratorium, ruang guru, ruang administrasi, kantin, lapang olah raga indoor, dsb., dan diharapkan setelah selesai nanti bisa menjadi sekolah yang menelorkan siswa-siswa unggulan yang mampu berprestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional sesuai dengan mottonya, GOALS atau Global Oriented Absolute Leading School.

Tidak ada komentar: